PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan diskon hingga 40 persen dari harga normal kepada penumpang Kereta api komersial baik kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. Kereta Api non PSO se-Jawa dan Sumatera.

Diskon diberikan kepada calon penumpang yang memesan tiket melalui aplikasi KAI Access versi terbaru dan promo tersebut berlaku untuk kereta keberangkatan mulai 8 Januari 2018 sampai 31 Maret 2018.

“Promo ini untuk pemesanan yang dilakukan mulai 15 Desember 2017. Nah. bagi calon penumpang yang berhalangan berangkat pada tanggal yang dipesan, tidak perlu khawatir karena tiket dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya,” tutur Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. di Jakarta.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan aplikasi KAI Access pun sangat mudah karena aplikasi tersebut sudah tersedia di Play-store untuk pengguna Android dan App Store untuk sistem operasi iOS/iPhone.

Menurutnya, KAI Access terbaru ini juga dilengkapi dengan menu Train untuk pemesanan tiket dan menu Meals’ yakni fitur layanan pesan preorder menu makanan restorasi KA.

“Ke depan, kami juga akan lengkapi dengan e-Moda’ yakni fitur layanan tambahan preorder jasa antar ke stasiun maupun jemput di stasiun menggunakan moda transportasi lainnya dan Porter’ yakni fitur layanan tambahan preorder jasa angkut barang atau bagasi oleh petugas porter stasiun,” jelasnya.

Selain itu, masih terdapat fitur-fitur pendukung seperti My Trips yakni riwayat pemesanan tiket kereta, lalu Deals yang berisi Info promo-promo menarik terkait kereta api. Re-mind Me yakni fitur pengingat perjalanan yang dapat diatur setting waktu antara 10-60 menit sebelum keberangkatan KA. serta fitur location yakni fitur untuk mengetahui lokasi terkini dari kereta yang dinaiki oleh penumpang.

“Ada juga e-Magazine yakni majalah elektronik yang berisi berita seputar KA untuk dapat menemani perjalanan penumpang dan Chat with Loko yakni Si Loko hadir untuk menemani Anda sebagai assistant pribadi penumpang,” katanya.

Ia menambahkan, proses check-in online menggunakan KAI Access sudah bisa dilakukan dari 2 jam sebelum keberangkatan. Sehingga, para penumpang tidak perlu lagi melakukan check-in dan cetak boarding pass di mesin check-in counter di stasiun.

“Pemegang langsung saja menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas dengan menunjukkan e-boarding pass kepada petugas,” katanya.

Ia mengakui, pemberian diskon hingga 40 persen tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna setia KA, khususnya yang memakai aplikasi KAI Access versi terbaru.

Tak hanya itu. pada malam pergantian tahun baru perseroan juga akan mengubah kebijakan diskon channel pembelian tiket yaitu potongan harga tiket yang melakukan transaksi pembelian tiket melelaui channel penjualan tiket KA tertentu.

Dari sebelumnya, penerapan diskon channel sebesar Rp 7 >500 per penumpang untuk KA jarak jauh dan Rp 5.000 per penumpang untuk KA jarak dekat.

“Mulai tanggal 1 Januari 2018, kebijakan tersebut akan diubah menjadi Rp 7.500 per transaksi dan Rp 5.000 per transaksi untuk KA jarak dekat,” tandasnya, bima